Ingin Buat Situs? Hubungi Saya

Check Domain Name ?

Talk To Me

 

 

 

Statistic

Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service





counter map

SLINK

Tawakkal Mendidik Anak

Kisah Siswoyo mengingatkan saya tentang bagaimana sulitnya mendidik anak. Terlebih di tengah degradasi moral pada zaman sekarang ini. Sungguh, teramat berat perjuangan kita untuk membentengi mereka terhadap pengaruh-pengaruh buruk. Dan hanya dengan kekuatan dan pertolongan Allah-lah orang tua bisa mengarahkan anak-anaknya menjadi anak shaleh sesuai dambaannya.

read more...

Tags: oase iman

Bersyukur Sepanjang Waktu

Pagi itu, bibi dan pamanku tidak menyangka jika pasar tradisional di wilayah Bekasi tempat sehari-hari mencari penghidupan, dibongkar secara paksa. Tidak ada firasat atau mimpi apapun pada malam hari sebelumnya atau desas-desus bakal dilakukannya aksi yang menyentakkan dada tersebut.

read more...

Tags: oase iman

Meluaskan Rezeki

Masa tua, apalagi pada usia 96 tahun yang teramat lanjut, adalah masa hilangnya keberdayaan manusia secara fisik. Pada masa itu, teramat susah bagi seorang tua untuk mencari nafkah menghidupi diri sendiri. Daya hidup dari Kek Ngoh di usia tua tersebut menyakinkan diri saya bahwa benarlah apa yang sering dikemukan dalam ayat-ayat Al-Qur'an, Allah menjamin rezeki setiap makhluk, termasuk terhadap terhadap seorang kakek tua seperti Kek Ngoh.

read more...

Tags: oase iman

Kemenangan Itu Ditentukan Pada Garis Akhirnya

Di teras masjid itu, saya melihat lalu lalang mobil dan orang dalam rangka mempersiapkan hari kemenangan besok hari. Namun tidak ada satu pun dari mereka yang menyapaiku. Mereka tenggelam dengan kesibukan masing-masing.

read more...

Tags: oase iman

Melestarikan I'tikaf dan Tradisi Nabi

Ada satu pelajaran kenapa Firdaus berhasil dan tidak perlu gagal untuk pertama kali, yaitu ia belajar dari pengalaman anak-anak sebelumnya. Dia amati dan pelajari orang-orang yang berhasil mencobanya kemudian dipraktekkan. Suatu prinsip yang mudah dan sederhana untuk menapaki suatu keberhasilan.

read more...

Tags: oase iman

Ramadhan Bulan Qur'an

Setelah mengambil nomor antrian, wanita yang saya duga adalah mahasiswi itu, mengambil tempat tidak jauh dari tempat duduk saya. Awalnya dia membaca-baca brosur yang ada. Tidak lama kemudian ia mengeluarkan mushaf dari tas coklat mudanya, lalu menekuni dan membaca huruf-hurufnya di balik lensa kata mata minusnya.

read more...

Tags: oase iman

Sejenak Bersama Dhuafa

Berbuka puasa bersama dhuafa memberikan banyak hikmah. Setidaknya kita menyadari bahwa mereka adalah cermin perilaku kita. Saya yang tidak berdaya hanya mampu bertanya pada diri sendiri, sudahkan saya menunaikan hak mereka tersebut? Seringkali kita tidak mengetahui sumber kegundahan jiwa lantas kita melampiaskan dalam bentuk tindakan yang justru membuat kegundahan itu tambah menjadi-jadi. Jika kita mau berkaca, kegundahan itu sebenarnya muncul karena di tangan kita masih tertahan hak-hak orang lain.

read more...

Tags: oase iman

Keajaiban Berbuka Puasa

Itulah keajaiban berbuka yang kurasakan saat saya kecil. Berbuka puasa menimbulkan kebahagiaan yang luar biasa. Laksana musafir dipadang pasir yang menjumpai sumber air (oase). Dan ini tidak dirasakan kecuali oleh orang yang berpuasa. Bagiku hal ini memberi hikmah bahwa ujung dari ketaatan kepada Allah adalah kebahagiaan. Ini menjadi rumus baku yang bisa saya terapkan dalam situasi mana pun. Sebagai contoh, jika saya mendapatkan harta dengan cara batil, meski besar, tentu tidak akan memberikan kebahagiaan apapun bagiku. Sebaliknya rezeki yang diperoleh dari usaha ketaatan, meski kecil, akan sangat berarti dan memberikan kebahagiaan tersendiri.

read more...

Tags: oase iman

Iman Yang Lapuk

Hujan memberi pelajaran tentang rasa nyaman yang bisa jadi merupakan ujian keimanan. Bagi banyak orang, rasa nyaman yang ditimbulkan oleh hujan, sering menjadikan mereka enggan untuk beraktivitas. Terbukti masjid tempat kami dan beberapa masjid lainnya, yang pada awalnya penuh dengan jamaah, kemudian menjadi berkurang, karena banyak yang memilih tinggal di rumah dibanding harus melangkahkan kaki menuju masjid.

read more...

Tags: oase iman

Ramadhan Untuk Semua

Terkandung sebuah hikmah, bahwa boleh jadi, saya selama ini salah dan kurang bijak dalam melihat keuniversalan dienul Islam itu sendiri. Ketidakbijakan inilah yang kadang menimbulkan friksi dan ketidaknyaman bagi kelompok lain. Terutama bagi saudara muslim yang masih awam, kadang kita bersikap keras dalam menyampaikan kebenaran tentang Islam. Akibatnya mereka bukan malah bersimpati, tetapi makin menjauh. Saya mendapatkan pelajaran bahwa seharusnyalah kita bijak menyikapi perbedaan dan cerdas menyikapi persamaan. Kita kurangi kesenjangan perbedaan yang ada, dan kita tingkatkan segi-segi persamaan untuk disinergikan membentuk kekuatan.

read more...

Tags: oase iman

« 1 2 3 4 5 6 7 8 9 »

Categori
Recent Articles
Recent Comment
Archives

LINK
 

www.voa-islam.com

Copyright © 2020 Muhammad Rizqon · All Rights Reserved